20100326

Nyebelin Lu!!!

Hari ini kacau!!! Pagi-pagi udah kena complaint user. Data reporting tidak sesuai dengan data DCS. Wait..wait..nggak mungkin! Ini hal yang impossible dan baru terjadi hari ini selama project historian running. Program gak pernah ganti, data collector juga masih oke no lost signal or data, so what's wrong??
1 jam melototin data sheet break akhirnya ketemu juga jawaban atas kejanggalan data! Bego banget deh kenapa nggak dari tadi langsung kepikiran hal ini. Ternyata biang keroknya cuma perbedaan datetime di data collector, shadow server dengan DCS. Ilustrasinya gini neh. Bayangkan DCS punya data dari sensor dengan timestamp sekian. Terus data tadi dibaca sama data collector dan dilakukan perhitungan (average, summary or any else lah, bisa apa aja). Jika timestamp data collector dengan DCS tidak sama, maka range data yang dihitung tidak sama dengan totalizer punya DCS. Jelas aja data yang aku punya sekilas kelihatan gak sama.
Oke, si biang kerok udah ketangkep. Tapi masih ada masalah selanjutnya neh, gimana caranya program yang tak bikin pake timestamp yang sama dengan DCS. Secara ngambil local time DCS susah banget. Berarti sekarang kita perlu tools untuk syncronize local time data collector dengan punya si DCS. Setelah searching2 akhirnya nemu juga. Manfaatin Windows Time Service deh. Di tes dulu ketik di command : NET TIME \\servertosynchwith /SET /YES.
Ternyata it's work!!! Senangnya udah gak perlu mikirin timestamp yang berbeda lagi...
Baru aja happy2nya satu masalah kelar, sejam kemudian eh..user yang satunya complaint lagi. Gimana sih pak, kan udah saya syncronize! What's??? Timestamp data collector balik nggak singkron lagi! How could...??? Well, sepertinya saya harus pasang background job deh. Itu job saya setting every 30 minutes. And now everything just fine..fiuh! Akhirnya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


 | 
Daisypath Anniversary tickers